CMS dalam Dunia Usaha III

Seri III: Plus Minus Content Management System Open Source dalam Dunia Usaha

Beberapa waktu lalu telah terbit dua seri artikel tentang content management system yang dipublikasikan dalam situs web ini. Di seri pertama kita diajak mengenal content management sistem secara definisi, manfaat apa yang bisa diperoleh dan bagaimana cara memilih software content management system yang sesuai dengan badan usaha yang dimiliki. Kemudian pembahasan ini dilanjutkan dalam seri kedua yang memaparkan sejumlah paradoks yang berkembang di dunia content management system beserta solusi alternatif terhadap produk komersial. Besar harapan setelah membaca kedua artikel tersebut pembaca memperoleh gambaran yang jelas apa itu content management system dan implementasinya dalam dunia usaha.

Dalam tulisan berikut kita akan melanjutkan pembahasan tentang content management system open source sebagai solusi alternatif bagi dunia usaha dalam mengelola content websitenya, dengan fokus utama pada pada keunggulan dan kelemahan produk content management system open source.

Dewasa ini produk-produk open source telah dilihat sebagai satu kekuatan baru yang menyeruak di tengah ramainya penawaran produk-produk komersial dan non-komersial di pasar software dunia. Hal ini didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi internet, banyaknya jumlah pemakai web server open source seperti Apache (http://www.apache.org) di dunia serta ditopang oleh komunitas Linux yang tersebar di mana-mana. Apalagi sejumlah vendor besar seperti IBM dan Sun menggunakan dan mempromosikan teknologi open source dalam mengembangkan produk-produk andalan mereka yang kemudian ditawarkan kepada dunia usaha yang membutuhkannya.

Demikian pula halnya yang terjadi di dunia content management system. Content management system open source kian berkibar dan telah mencapai satu titik di mana produk ini dapat disejajarkan dengan produk komersial. Mahalnya harga sebuah produk komersial menyebabkan banyak orang beralih ke produk open source yang secara umum dapat diperoleh secara gratis. Sementara di sisi lain feature yang ditawarkan tidaklah jauh berbeda di antara kedua solusi ini. Para pelaku di dunia usaha pun telah menyadari dan merasakan berbagai keunggulan produk content management system open source dan memilih untuk mengimplementasikannya di organisasi mereka. Tentu saja tidak ada yang sempurna di dunia ini, dibalik keunggulan-keunggulan tadi pastilah ada kelemahan-kelemahannya juga. Kedua hal inilah yang akan kita bahas lebih jauh dalam artikel ini.

Download artikel: CMS dalam Dunia Usaha III