Gempa bumi di Padang dan sekitarnya

Sebagai orang yang pernah hidup dan besar di ranah Minang (Bukittinggi dan Padang, +/- 10 tahun), rasanya kabar bencana gempa bumi yang terjadi kemarin membuat saya sedih sekaligus terhenyak dan tertegun. Tiba-tiba kenangan masa kecil melintas dan menghiasi pikiran saya dua hari ini. Indahnya pemandangan, eloknya jejeran bebukitan yang membentuk Bukit Barisan, keramahan dan senyum penduduk lokal dan tentunya tidak terlupakan nikmatnya masakan rumah asli Minangkabau. Semuanya telah menjadi satu bagian terpenting dalam hidup ini dan membentuk kepribadian saya dalam banyak hal. Saya bahkan menganggap Minangkabau adalah rumah kedua setelah kampung halaman, Palembang. Jika ditanya, apakah saya masih bisa berbahasa Minang dan mengetahui adat istiadatnya? Oh tentu saja. Mungkin di beberapa segi saya lebih Minang daripada orang Minangnya sendiri hehehe… (bercanda) 🙂

Walau gempa bumi kemarin bukanlah yang pertama kali terjadi di Padang dan sekitarnya, saya tetap khawatir akan keselamatan teman-teman dan sanak kerabat di sana. Wahai sobat-sobatku, alumni SDN 14 Bukittinggi, alumni SMP 5 Bukittinggi angkatan 1992-1995, alumni SMU 2 Bukittinggi angkatan 1995, alumni SMU 4 Padang angkatan 1995-1998, apa kabarmu hari ini? Tetangga-tetanggaku di Kompleks Inkorba, Bukittinggi, dan Aur Duri Indah, Padang, bagaimana situasi di sana? Semoga semuanya selamat, berada dalam keadaan sehat wal’afiat, dan tidak ada yang menjadi korban akibat gempa bumi kemarin. Amin.

Bantuan kita dalam bentuk apa saja sangatlah diharapkan oleh masyarakat yang tertimpa bencana. Oleh karenanya marilah kita sisihkan sebagian dari harta kita untuk meringankan beban mereka. Jika anda dapat menyalurkannya langsung tentu lebih afdol, tapi jika tidak bisa, maka salurkanlah melalui badan-badan resmi yang telah ditunjuk. Kepada para penyalur bantuan, bersikaplah jujur dan amanah. Insya Allah semua amal baik anda akan dibalas oleh Yang Maha Kuasa dengan balasan yang berlipat ganda.

Advertisements

26 thoughts on “Gempa bumi di Padang dan sekitarnya

  1. Saya sangat sedih dengan peristiwa gempa di Sumatera Barat ini. Hanya Tuhan yang maha mengetahui mengapa ini terjadi. Marilah kita semua berdoa memohon ampunan kepada-NYA agar kita semua terhindar dari segala bencana, dan diberi keikhlasan menolong Saudara-saudara kita yang terkena bencana.

  2. gwe bukan orang padang! tpi gwe merasa khilangan!mang c gwe cman sekali aja datang kpadang….tpi gwe suka suasananya!!n yg pasti kota padang adalah kota yg indah,,,,aplgi bukit tinggih itu ,,,kota asri sngat,,,, macam kota gwe d jwa!gwe cman bisa doakan sja,,,,mga kluarga yang khilangan sanak keluarganya krna gmpa bumi ini dberi ktabahan,,,,

  3. ksabaran,,, harta,orang yg dicintai yg dibrikan bwt kita adalah ti2pan…dan bila wktunya akan diambil,,,,,,,so bnyak2 berdoa ,,,aja ,,,good luck

  4. gempanya bisa dideteksi….urut dri yogya> jabar> Padang> yg akan dtang bsa trjdi di sumbar ke utara smpei smdra hindia ke asia …..persiapan …antisipasi bencana alam. Logistik dipersiakan mngkin beberapa waktu mendatang….smoga tak pernah terjadi

  5. Ramalan gmpa yg akan datang tdk terlalu besar tpi yg berpotensi rwan gempa disktar wlyah Aceh, smdr Hindia, wilayah Maluku Kep. Nusa, Papua….gmpa tdk mnmblkan tunami & kruskan parh….ini hanya prakiraan ….persiapan antisipasi saja

  6. Assamualaikum, buat saudara islamku di Padang Indonesia & salam sejahtera kepada yg bukan beragama islam. Sesungguhnya saya dan seluruh rakyat Malaysia amat bersimpati dengan nasib mangsa gempa bumi yg melanda di Padang Indonesia, semoga anda semua tabah menghadapi dugaan Allah ini. Insyallah kami di Malaysia akan sentiasa berdoa dan membantu sekadar yang mampu, jangan pasrah menghadapi kehidupan ini, panjatkanlah doa kepada Allah semoga musibah seperti ini tidak berulang lagi, jauhilah segala kemungkaran semoga kita sentiasa selamat dan dilindungi Allah di dunia dan juga di akhirat. Assalamualaikum…….

  7. dari pengalaman mengadvokasi korban bencana gempa-tsunami di aceh dan nias yang lalu, sepanjang 1 bulan sejak bencana, baik korban maupun relawan yang bekerja di wilayah sperti itu akan sangat dikuasai emosi: sedih, prihatin, dll. lalu, masuk di hitungan bulan ke dua, ketika semua orang di sekitar itu mulai rational, saat mulai bangkit dari termangu, tahulah kita di depan kita persoalan begitu besar: akses korban terhadap kebutuhannya semakin tak jelas! nah, saudaraku di sumbar dan jambi, upayakan, sedapat mungkin upayakanlah utk melihat ke depan… ada banyak hal yang mesti kita lakoni! sungguh, masih banyak yang dapat kita lakukan dibanding sekedar meratapi keadaan! masa depan para korban adalah hal terpenting utk kita sikapi bersama…. ketahuilah, seluruh anak bangsa di negeri ini akan bersama membantu saudara-saudara kita di sumbar (dan jambi)….. itu pasti!

  8. tetep tabah dalam segala hal?

    karena tuhan akan memberikan jalan yang terbaik pada umat nya?

    kami akan mendoakan semoga saudara ku yang berada dipadang tetap sabar

  9. Sabagai bangsa yang hidup di tengah wilayah cincin api, yang akan senantiasi di bayangi oleh bencana gempa dan gunung berapi, sudah selayaknya langkah antisipasi dan sadar bencana menjadi bagian dari masyarakat kita. Bagi kita yang tidak (belum) terkena bencana, selalu waspada dan tentunya berupaya membantu saudara2 sebangsa yang sedang tertimpa bencana. Insya Allah semua akan terasa lebih ringan dengan kebersamaan.

  10. Gempa Padang adalah:
    ..
    Akibat “game” seperti tsunami aceh.
    jelas sekali….

    Perang Akhir Zaman…Kitab Suci Nabi2
    ….
    Akibat “tidak mau mengalahnya,..orang yang
    tahu yang saya kenal dulu.

    Ini semua akibat “YOLONG” HARTA yang bukan
    haknya..
    …..
    “Ini saya beritahukan ilmunya, supaya tidak
    makan korban lagi…

    Saya baru tahu 1-2 tahun ini…
    ….
    Tujuannya supaya kita lawan kejahatan.
    …….
    JIKA ANDA MERASA AKAN ADA GEMPA>>>….
    MAKA KELUARKAN DARI TUBUH ANDA “DARAH ANDA”..
    SETETES ATAU DUA TETES… INI JUGA BERLAKU UNTUK
    HAL LAINNYA (SEPERTI TAKUT PETIR/GELEDEK, TSUNAMI,
    PLANET NIBIRU YANG AKAN MENGHANCURKAN BUMI, DLL.
    ….
    DIDASARKAN “KITAB SUCI NABI-NABI”…
    ….
    “GAME” yang pusatnya di”6’15’12.91″S/106’56’08.18″T,

  11. Kita sebagai manusia tak luput dari segala dosa (dosa kecil/besar),hendaknya kita renungkan dan menela’ah apa yang pernah kita perbuat dan bersegeralah taubat mumpung kita masih di beri kehidupan untuk kemudian berserah diri/pasrah kepada Yang Maha Kuasa,Yang Maha Berkehendak & Maha segala-gala-nya di Dunia yang fana ini,untuk tragedi gempa di Padang,Tasikmalaya dll.,adalah musibah buat kita semua sebagai makhluk cipta-anNya.Untuk itu bersegeralah perbanyak ibadah & berbuat amal kebaikkan.

  12. segala yang berlaku di padang mempunyai hikmah yang tersendiri..Allah tidak memjadikan sesuatu perkara iti tanpa sebab…mungkin ada antara kita yang sudah terlalai..marilah kita sama2 muhasabah diri n renungkan jauh2 apa yang terjadi..ambil kejadian ini sebagai satu ajaran untuk kita terus berpegang teguh kepada syariat Allah SWT..

  13. mari semua umat islam kita sama2 berdoa kepada ALLAH SWT, agar masih banyak lagi umat islam yg terselamat di padang. dan marilah umat2 islam seluruh dunia, bersama2 meberi apa yg kita mampu walau pun sedikit. berat mata memadang, berat lagi bahu yg memikul.

  14. , saya turut berdukacita atas semua kejaian yang menimpa warga Padang …
    , mungkin itu cara Tuhan menyadarkan kita krena kita selalu mengabaikan perintahnya…
    , dengan kejadian gempa yang dahsyat dan telah memporak-porandakan daerah Padang dan sekitarnya,membuat kita sadar agar kita selalu mengingat ALLAH SWT yang telah menciptakan dunia dan seisinya.

Comments are closed.