Open Source dan Pilpres RI 2009

Sepertinya dalam ajang Pemilihan Presiden Republik Indonesia tahun ini, komunitas Open Source di Indonesia dapat berbangga hati dan mengambil banyak manfaat (dibaca: rezeki materi dan immateri). Kenapa saya beranggapan demikian? Tidaklah perlu kita melihat terlalu jauh dan membuat analisa yang dalam untuk membuktikannya. Cara sederhana yang dapat dilakukan semua orang adalah dengan mengunjungi situs web resmi kampanye masing-masing calon pasangan Presiden dan Wakil Presiden tersebut dan memperhatikan secara keseluruhan tampilan yang ada.

Dari tampilan luar dan karakteristik yang terlihat, seseorang dapat dengan segera mengenali aplikasi yang digunakan untuk membuat situs-situs tersebut. Untuk memperoleh informasi lingkungan server, saya menggunakan data yang disediakan oleh Netcraft dan DomainTools. Berikut ringkasannya.

  • Situs web resmi kampanye pasangan Ibu Megawati dan Bapak Prabowo yang beralamatkan di http://www.megaprabowo.com, menggunakan secara apik Joomla! sebagai aplikasi Content Management System (CMS)-nya, server web Apache dan sistem operasi Linux. Selain menampilkan informasi tentang kampanye, di situs web ini disediakan juga fasilitas agenda kegiatan, radio online, jajak pendapat, berkas audio dan video, dan chatting online.
  • http://www.sbypresidenku.com merupakan situs web resmi kampanye pasangan Bapak SBY dan Bapak Boediono. Situs web ini menggunakan CMS Drupal yang telah dikustomisasi dan memanfaatkan modul multimedia/audio visual secara intensif.  Sedikit berbeda dengan situs web pasangan pertama, di sini disediakan juga fasilitas toko online, lagu dan puisi, komunitas, forum, donasi dan press kit. Berdasarkan data yang saya peroleh melalui Netcraft dan DomainTools, situs web ini menggunakan server web Microsoft IIS dan sistem operasi Linux. Mungkin ada yang bertanya, kenapa server web-nya IIS, sementara sistem operasinya Linux? Perlu diketahui, informasi yang ditampilkan oleh Netcraft ataupun DomainTools tidak dapat dijadikan acuan yang pasti. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ini terjadi. Untuk lebih jelasnya, silakan baca penjelasan Netcraft di sini. Silakan Bapak/Ibu, pengelola dari situs web SBYPresidenKu.com, untuk mengkonfirmasi dan mengkoreksi jika ada data yang tidak sesuai. Saya akan dengan senang hati menerima masukkan dari Bapak/Ibu dan segera memperbaharui data yang ada.
  • Situs web resmi kampanye pasangan Bapak JK dan Bapak Wiranto yang beralamatkan di http://jk-wiranto-2009.com, menggunakan aplikasi blog WordPress. Tidak jauh berbeda dengan dua situs web di atas, situs web ini dijalankan di atas server web Apache dan sistem operasi Linux. Tampilan situs web ini bisa dibilang sederhana sekali jika dibandingkan dengan situs web yang lainnya. Tidak banyak yang bisa kita peroleh selain informasi kegiatan kampanye, profil pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dan buku tamu. Jika para pengelola dapat memberikan sentuhan multimedia/audio visual, rasanya situs tersebut akan lebih menarik untuk dikunjungi.

Sekedar tambahan, semua situs web di atas dapat dipastikan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan aplikasi database MySQL. Yang keduanya kita ketahui bersama juga adalah aplikasi Open Source.

Sebagai penutup, benang merah yang dapat ditarik dari riset kecil-kecilan ini adalah menunjukkan, bahwa gerakan Indonesia, Go Open Source! sangat terasa gemanya dalam Pemilihan Presiden di negara kita. Mudah-mudahan gerakan ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.

Sudahkah anda menjatuhkan pilihan, siapa yang akan anda usung sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden RI yang akan datang? Jika sudah, silakan kunjungi situs web pasangan pilihan anda melalui alamat yang telah diberikan di atas dan berikan kontribusi anda untuk mendukungnya. Jangan lupa gunakan hak pilih anda di Pemilihan nanti. Saya hanya berharap semoga Republik ini memperoleh pemimpin yang terbaik, yang amanah, berorientasi rakyat dan dapat membawa Indonesia pada kemajuan.

Advertisements

5 thoughts on “Open Source dan Pilpres RI 2009

Comments are closed.