Upaya Pelestarian Pencak Silat di Internet

Mohon maaf tulisan hari ini agak melenceng dari topik-topik yang biasa dimunculkan dalam blog ini. Setelah ngobrol sejenak dengan seorang teman baik, saya jadi tertarik untuk menelusuri upaya pelestarian Pencak Silat melalui media internet.

Sekedar pengantar, seperti yang diketahui bersama, Pencak Silat merupakan seni beladiri asli bangsa kita, yang biasanya dipelajari dan diturunkan secara turun-temurun baik melalui jalur keluarga atau jalur lainnya yang sifatnya tertutup, atau melalui jalur terbuka, seperti padepokan, perguruan, dan lain sebagainya. Mengenai latar belakang serta asal usul munculnya Pencak Silat atau Silat, dan siapa yang sebenarnya berhak atas seni beladiri ini, memang masih ada perdebatan. Walaupun demikian, mungkin informasi di sini dapat membantu pemahaman dan menambah wawasan kita semua. Jika tidak setuju atau punya argumentasi lain, silakan tulis komentar anda di sana.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu dan pergantian zaman, banyak sekali dari aliran-aliran Pencak Silat ini punah atau hilang tak berbekas. Mungkin dari sekian banyak aliran yang dulunya pernah ada dan dikenal (dan belum termasuk aliran-aliran yang sifatnya tertutup), hanya tinggal segelintir yang bertahan. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya adalah ketidakadaannya penerus atau pewaris karena satu dan lain hal. Tentunya sayang sekali jika seni budaya ini tidak kita lestarikan. Upaya-upaya pelestarian sudah banyak dilakukan baik dalam skala lokal, nasional dan internasional, salah satunya adalah melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan di Padepokan Nasional Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dapat diikuti oleh siapa saja. Selain pertemuan rutin, sering kali diadakan juga workshop atau peragaan yang diasuh oleh masing-masing aliran yang tergabung dalam Padepokan tersebut atau bahkan aliran baru sebagai perkenalan.

Dari hasil pencarian saya yang tidak terlalu lama karena dibantu oleh teman baik tersebut dan Google, diperolehlah empat situs yang saya nilai secara pribadi melakukan upaya pelestarian Pencak Silat di Indonesia dan di dunia.

  • SilatIndonesia.Com – Portal yang menyediakan informasi seputar Pencak Silat di Indonesia.
  • SahabatSilat.Com – Forum diskusi Sahabat Silat Indonesia.
  • VideoSilat.Com – Portal video seperti halnya YouTube, tapi khusus menampilkan cuplikan-cuplikan Pencak Silat khas Indonesia.
  • Silat.TV – Portal berisikan informasi dan video tentang praktik Silat di seluruh dunia.

Keempat situs di atas saya tampilkan di sini atas dasar:

  • Independensi
  • Bertujuan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang aliran-aliran Pencak Silat yang ada pada satu tempat (Dokumentatif)
  • Tidak fokus pada satu aliran atau daerah tertentu
  • Informasi dan partisipasi di situs terbuka untuk umum

Mungkin masih banyak situs yang melakukan upaya pelestarian seperti di atas tersebar di Internet. Kalau ada teman-teman yang bisa membantu memberikan informasi tambahan tentang ini, silakan tulis komentarnya di bawah. Terima kasih.

Mari kita pertahankan seni dan budaya asli bangsa Indonesia di mana pun kita berada. Kalau bukan kita, siapa lagi? Atau masih mau menunggu ada yang mengklaim, baru bergerak? 🙂

Advertisements

One thought on “Upaya Pelestarian Pencak Silat di Internet

  1. Rekan Kyantonius,

    Angkat topi atas munculnya artikel ini,
    semoga membantu mempublikasikan pencak silat melalui media tulisan dan internet.

    Tetap SemangaT!

Comments are closed.