Lontar Udayana

Update 24 Januari 2012

‘Lontar Udayana on DVD’ dapat diunduh kembali di sini

Besar berkas ISO: 722MB
MD5: 84235b62115e865c4a808775ecb5c638

Beberapa hari yang lalu Mas Idban menemukan sebuah warisan leluhur yang menurut saya patut kita lestarikan. Walau pun sumber tersebut saat ini diletakkan di sebuah tempat di luar negeri, saya rasa tidak ada salahnya kita simpan juga di dalam negeri sebagai koleksi pribadi atau untuk edukasi. Atas dasar permintaan Mas Idban inilah, saya memberanikan diri untuk mendistribusikan isi offline dari situs tersebut ke dalam sebuah berkas ISO yang dapat dibakar ke CD atau DVD.

Kebetulan saat ini saya masih berada di Amerika Serikat, di mana koneksi internet sangatlah cepat, sehingga proses kompilasi berkas tersebut dapat diselesaikan dalam waktu satu malam saja. Dengan bantuan HTTrack Website Copier yang dijalankan di sistem operasi Ubuntu Linux 6.10, saya dapat mengkopi semua isi yang diinginkan. Kemudian, untuk dapat menampilkan isi tersebut secara offline ketika CD/DVD dimasukkan ke dalam drive, saya menggunakan Server2Go sebagai server mini-nya. Ini berarti saat ini Lontar Udayana baru dapat dijalankan di sistem operasi Windows. Versi Linux mungkin baru dapat direalisasikan jika situasi dan kondisinya mengizinkan. Jika ada rekan-rekan lain yang ingin menindaklanjutinya, silakan saja. Saya akan senang sekali.

Update 6 April 2007

Baiklah, tanpa panjang lebar, anda dapat mengunduh berkas ISO yang dimaksud di sini (483 MB).

Saat ini link telah dinonaktifkan. Jika ada yang berminat, silakan menghubungi saya secara langsung untuk memperoleh alamat yang baru. Terima kasih.

Saya sendiri tidak dapat menjamin kelangsungan distribusi Lontar Udayana di situs ini. Jika ada pihak yang keberatan dan mengajukan keberatannya kepada saya secara tertulis, maka dengan sangat terpaksa saya akan meng-offline-kannya. Saya tidak mau berurusan dengan hukum. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang tersedia untuk memperoleh koleksi Lontar tersebut. 🙂

Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

Advertisements

4 thoughts on “Lontar Udayana

  1. wah lha kok bisa ya warisan leluhur malah ada diluar negeri. saya unduh deh ISOnya, nanti saya letakkan di mirror lokal kampus. untuk saat ini baru bisa diakses dari internal kampus. menunggu ada yang nyumbang unmetered IIX. he he he.

    Kalau ada yang lainnya sekalian saja mas, mumpung lagi di US. anyway, terima kasih

Comments are closed.