T&T 3: Cara Cepat Menginstalasi LTSP dengan Ubuntu

Tertarik dengan sesuatu yang pernah ditulis oleh Mas Harry Sufehmi beberapa waktu lalu di blog pribadinya, saya ingin mengungkit kembali materi tentang LTSP. Pada kesempatan ini saya ingin membagi cara tercepat menginstalasi LTSP 5 pada Ubuntu yang saya peroleh melalui halaman ini. Karena saya menggunakan Ubuntu 6.06 LTS, maka metode yang diberikan di sini dapat diterapkan di versi Ubuntu yang sama. Selain itu, saya juga pernah mencoba menginstal LTSP 5 di Ubuntu 6.10 dengan metode yang sama, dan berhasil. Jadi saya rasa cara ini sifatnya universal untuk semua versi Ubuntu. Untuk pastinya silakan dicoba sendiri ya…🙂

Sebelum memulai instalasi pastikan komputer/laptop anda memiliki dua kartu jaringan (NIC = Network Interface Card). Satu diset statis ke 192.168.0.1, ini yang akan kita gunakan untuk berhubungan dengan komputer klien, dan satunya lagi kita gunakan jika kita ingin mengakses internet yang dapat dibagi juga kepada klien.
Setelah itu, jalankan perintah ini di konsol di mana kita akan mengambil paket-paket yang dibutuhkan dari internet:

sudo apt-get install ltsp-server-standalone openssh-server

Kemudian bangun lingkungan LTSP untuk klien anda dengan perintah ini:

sudo ltsp-build-client

Tergantung pada kecepatan koneksi internet yang anda miliki, proses instalasi server LTSP dapat berlangsung cepat atau lambat.🙂 Jika semua proses sudah selesai dilakukan, silakan ikuti proses seperti yang ditulis oleh Mas Harry di blog-nya, di sini. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah langkah 13 sampai dengan langkah 15. Selesai!

Selamat mencoba.

6 thoughts on “T&T 3: Cara Cepat Menginstalasi LTSP dengan Ubuntu

  1. waduh.. saya pernah nyoba yang versi “mumet” karena pada waktu itu saya menggunakan slackware. wah..wah… bisa manja ni pake ubuntu . salam kenal semua mas.

  2. saya nyoba kok gak ketemu package-nya

    darso@edudarso:/etc/apt$ sudo apt-get install ltsp-server-standalone openssh-server
    Reading package lists… Done
    Building dependency tree… Done
    E: Couldn’t find package ltsp-server-standalone

  3. Singkat amat..tolong dong lebih jelas..klaupun perlu kasih linknya kesitus penyedia software.thank..saran aja

Comments are closed.