Kentang Panggang

Cara memasaknya sangatlah mudah dan begitupula dengan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya, mudah diperoleh. Ingin mencoba? Silakan baca uraian berikut ini.


Bahan-bahan:

1. 7 – 10 buah kentang berukuran sedang yang belum dikupas.
2. 1 biji bawang bombay, dipotong kecil-kecil.
3. Bawang putih secukupnya, juga dipotong kecil-kecil.
4. 150 gram udang merah kecil.
5. 100 gram surimi.
6. 100 gram ikan tuna kaleng.
7. 150 ml krim susu.
8. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
9. Mentega secukupnya untuk dipoleskan di dinding piring tempat kentang panggang dimasak.
10. Roti tawar secukupnya, dirobek kecil-kecil dengan tangan.
11. Garam, merica dan sari tumbu-tumbuhan secukupnya.
12. Keju parut secukupnya.
13. 2 butir telur ayam, dikocok merata.

Waktu masak: sekitar 1 jam.

Cara memasak:

1. Kentang kita kupas kulitnya dan kemudian direbus hingga matang. Setelah matang, ditiris airnya dan didiamkan sebentar hingga dingin. Kemudian, kentang tadi dipotong tipis-tipis seperti lembaran kertas tebal.

2. Poleslah mentega ke dinding piring tempat kentang panggang dimasak agar isi tidak lengket. Susun dan tata irisan kentang rebus tadi di dalamnya dengan rapi. Ini merupakan lapisan pertama da
ri dua lapisan yang akan kita buat. Di tengah-tengahnya akan kita isi dengan campuran bahan-bahan yang telah disebutkan di atas.

3. Untuk memasak isi dari kentang panggang tadi, siapkanlah wajan penggoreng di atas api sedang, panaskan minyak didalamnya. Tumis bawang bombay dan bawang putih yang telah dipotong kecil-kecil tadi hingga berbau harum. Setelah itu, masukkan udang merah kecil, surimi dan ikan tuna kaleng. Diaduk hingga merata. Setelah merata, masukkan krim susu yang kemudian diikuti dengan garam dan merica serta sari tumbuh-tumbuhan. Aduk kembali hingga merata sampai krim susu tadi agak mengental. Jangan lupa sebelum diangkat dari kompor untuk menambahkan keju parut ke dalam isian tadi. Aduk merata dan kemudian diangkat.

4. Tuangkanlah campuran isi tersebut di atas lapisan irisan kentang yang telah disiapkan tadi sedikit demi sedikit hingga lapisan kentang tertutupi.

5. Setelah itu, kita buat kembali lapisan kedua dari irisan kentang rebus di atasnya. Susun dengan rapi. Sebagai perekat, jangan lupa menuangan kocokan telur yang telah disediakan ke seluruh lapisan kentang tadi.

6. Taburkanlah parutan keju sekali lagi, disertai dengan robekan-robekan kecil roti tawar di atasnya.

7. Panaskanlah oven di suhu sekitar 160 C. Setelah oven panas, masukkan piring yang telah berisi kentang panggang tadi ke dalamnya. Masak sekitar 30 menit lamanya.

8. Setelah 30 menit, keluarkan piring dari oven dan kentang panggang pun siap untuk disantap.

Mudah bukan? πŸ™‚

Selamat mencoba.

Advertisements

3 thoughts on “Kentang Panggang

  1. Sedikit “terkejut”… biasanya RSS reader-ku membaca perkembangan modul Quran untuk Mambo dkk., tiba-tiba sore ini dapat resep kentang panggang. πŸ™‚

    Oke, selamat memasak dan menikmati hidangan. Kentang lebih murah dari ubi kan di NL.

  2. Wah, kok bisa terkejut Mas Amal? πŸ™‚
    Yah, sekali-sekali ganti topik juga. Kebetulan, semenjak saya di sini, saya sangat senang memasak. Terkadang timbul keinginan untuk mencoba sesuatu yang baru dan lain. Tapi ya itu tadi, namanya juga baru belajar memasak. Terkadang berhasil, terkadang pula tidak. πŸ™‚ Resep kentang panggangnya bisa dicoba lho Mas.. Dijamin enak!

Comments are closed.