ISSM 2003, dll

Walaupun masih dalam status ‘hiatus’, saya akan coba menulis sedikit tentang beberapa aktivitas yang saya lakukan di hari-hari belakangan ini. Sebenarnya tidak banyak, hanya saja karena kuantitas dan kualitas aktivitas yang dilakukan lumayan banyak dan tinggi, menyebabkan saya sedikit kewalahan.. πŸ™‚ Seperti yang saya tulis dalam jurnal-jurnal sebelumnya, ‘time management’ saya belumlah begitu bagus. Jadi masih sering tunda-menunda pekerjaan, walaupun tahu itu tidak baik dan akan merepotkan diri sendiri. (“,)

Sebelum saya menulis tentang ISSM 2003, mungkin ada baiknya saya memberitahukan kepada pengunjung/pembaca kenapa akhir-akhir ini saya kelihatannya sibuk sekali. πŸ™‚ Ada dua ‘web projects’ yang saat ini saya lakukan, baik sendiri maupun bersama-sama dengan sebuah tim. Kedua proyek itu adalah IlmuKomputer.Com (IKC) dan Takafol S.A. Luxembourg. Deskripsi dari kedua proyek ini, insya Allah, akan tersedia di situs ini segera. Tapi sekedar gambaran singkat, untuk IKC saya duduk sebagai koordinator Bidang Pengembangan Web dan bekerjasama dengan sebuah tim yang terdiri dari 5 orang staf yang keseluruhannya berada di Indonesia. Ada yang di Medan, Batam, Jakarta dan Surabaya. Semua kegiatan dan komunikasi kami lakukan secara virtual lewat internet dan alhamdulillah sampai saat ini semua berjalan dengan baik dan lancar. Pendiri dan penanggung jawab dari IKC sendiri saat ini berdomisili di Jepang. Bisa dikatakan proyek yang satu ini benar-benar lintas benua, karena melibatkan banyak benua hehe… Terus terang saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam proyek ini. Menantang!

Proyek yang kedua adalah proyek pembuatan corporate website untuk Takafol S.A., sebuah perusahaan asuransi Islam di Luxembourg. Sekarang dalam tahap perampungan dan uji coba. Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini sudah bisa online.

Dari kedua proyek ini saja sudah banyak memakan waktu dan tenaga saya. Belum lagi saya harus berkonsentrasi dengan kuliah. Di trimester ini saya harus mengikuti seminar yang menuntut saya untuk banyak baca dan tulis. Terkadang muncul juga kejenuhan dan rasa capek yang berlebihan. Kalau sudah begini, istirahat total satu-satunya solusi terbaik. Tapi syukurlah, walaupun demikian tidak sempat menimbulkan efek negatif sampai saat ini. Prinsip saya sederhana saja, keep trying and never give up.. terkecuali bila situasi menuntut hal yang lain.. πŸ™‚

Nah, sekarang tibalah saatnya laporan selayang pandang tentang ISSM 2003 yang saya ikuti dan urus bersama teman-teman di Delft selama dua hari ini, Kamis dan Jumat, 9-10 Oktober 2003. ISSM merupakan singkatan dari Indonesian Students’ Scientific Meeting dan telah menjadi acara tahunan yang melibatkan seluruh mahasiswa Indonesia dari berbagai jenjang pendidikan di Eropa. Untuk penyelenggaraannya yang kedelapan tahun ini, ISSM 2003 diikuti para peserta dari 7 negara, yaitu Belanda, Jerman, Inggris, Perancis, Irlandia Utara, Norwegia dan Swedia, dengan jumlah total peserta sebanyak 45 orang. Lalu apa yang dilakukan selama konferensi ini? Kegiatan yang dilakukan mulai dari presentasi paper dan poster, diskusi/tanya jawab, workshop dan beberapa agenda formal dan informal lainnya, seperti acara ramah tamah di KBRI Den Haag dan jalan-jalan ke Madurodam. Sebagai tempat pelaksanaannya dipilihlah TU Delft dan penyelenggara utama adalah ISTECS Eropa Cabang Belanda dengan didukung oleh KBRI, PPI, CICAT dan beberapa instansi lainnya. Selama kegiatan ini mulai dari awal sampai akhir tugas/tanggung jawab saya adalah menjadi webmaster untuk situs ISSM 2003 sekaligus merangkap bendahara sewaktu hari H-nya. Alhamdulillah semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar, walau masih memerlukan perbaikan di beberapa segi untuk penyelenggaraan di masa-masa yang akan datang. Tapi secara keseluruhan, semua peserta cukup puas dan berharap konferensi seperti ini terus diselenggarakan mengingat ISSM mungkin merupakan satu-satunya konferensi internasional terbesar yang pernah diadakan oleh mahasiswa Indones
ia di Eropa dan di Indonesia sendiri, telah memperoleh pengakuan dari Dikti Depdikbud.

Mewakili seluruh panitia ISSM 2003, saya mengucapkan terima kasih kepada para peserta atas kehadiran dan partisipasinya selama konferensi diadakan. Dan kepada rekan-rekan sesama panitia, saya sangat menghargai kerjasama kita selama ini dan berterima kasih atas dukungan dan bantuannya baik sebelum, sewaktu maupun sesudah pelaksanaan konferensi ini. Sungguh banyak sudah pengalaman, ilmu dan teman yang saya peroleh selama mengikuti dan mengurus ISSM 2003 ini. Mohon maaf lahir dan batin bila ada kesalahan yang saya perbuat, sengaja/tidak sengaja, selama berlangsungnya konferensi. Semoga di kemudian hari, kita masih dapat bertemu lagi dalam berbagai kesempatan lainnya. Insya Allah.

Informasi lebih lanjut tentang ISSM 2003 dapat diperoleh di sini, http://www.issm.tudelft.nl.

Demikianlah kira-kira isi jurnal saya kali ini. Cukup panjang memang.. Semoga tidak membosankan ya.. πŸ™‚ Sekarang saya mau istirahat dulu. Capek! Insya Allah, besok kegiatannya dilanjutkan lagi.

*Kembali ke ‘hiatus’ mode*

Advertisements