Wah, leganya..

Hari ini merupakan hari terakhir saya ujian di Erasmus. Alhamdulillah semua ujian dapat dilalui dengan baik. Sekarang tinggal menunggu nilai saja. Besar harapan semoga di bulan Agustus nanti tidak banyak yang harus diulang. Kalau pun harus, itu tidak akan menjadi pikiran saya saat ini. Yang jelas saat ini adalah saatnya liburan. Saat-saatnya santai, melepaskan kepenatan dan kejenuhan setelah beraktivitas selama satu tahun penuh.

Sebenarnya tidak banyak yang akan saya lakukan selama liburan nanti. Sebagian besar waktu yang ada akan saya pergunakan untuk berisitirahat dan berkumpul dengan keluarga. Tentunya tidak lupa juga mengunjungi sanak keluarga. Karena bila tidak, mereka pasti akan kecewa dan menganggap saya sombong karena tidak dikunjungi. Dapat dibayangkan bila yang harus dikunjungi itu banyak sementara waktu dan tenaga untuk itu terbatas, kira-kira saya harus bersikap bagaimana? Tak jarang saya harus mengorbankan waktu berkumpul dengan keluarga guna memenuhi permintaan mereka. Sampai-sampai adik-adik selalu bilang seperti ini kepada saya, “Kakak kok liburannya cepat sekali? Kita kan masih kangen.. ” Tapi apa boleh buat, kondisinya yang menuntut saya harus demikian. “Maafkan kakak ya adik-adikku..”
Namanya juga ‘perhelatan’ sekali setahun. Apa yang bisa/ingin dilakukan selama liburan, sedapat mungkin dilakukan. Ibarat bunyi sebuah peribahasa, “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”, seperti itu pulalah kira-kira hasrat di hati ini. Rasa capek sudah tak dihiraukan lagi dan terkalahkan oleh rasa senang dan gembira karena dapat berkumpul dengan mereka kembali. Itulah suka dukanya bila punya keluarga besar. Di satu sisi menyenangkan, di sisi lainya menghabiskan waktu dan tenaga. Ada nggak ya situasi di mana kedua sisi saling menguntungkan? Saya rasa ada, tapi sepertinya tidak akan berlaku untuk saya… ^.^

Bagaikan judul sebuah sinteron di Indonesia, “Menghitung Hari”, persis seperti itu pulalah yang saya lakukan saat ini. Hari demi hari dihitung dan waktu rasanya berjalan lambat sekali. Tapi syukurlah waktu penantian itu akan segera berakhir. Insya Allah dalam waktu dua tiga hari ini saya sudah akan berada di Indonesia lagi. Hmm… oleh-oleh apa ya yang sebaiknya saya bawa nanti untuk keluarga? *berpikir*
Tak tahulah, saya lihat saja besok. Kebetulan besok saya akan ke luar rumah juga. Siapa tahu nantinya bertemu dengan sesuatu yang menarik hati.. (“,)

Advertisements