Salju di Rotterdam

Hari ini adalah hari kedua di mana salju turun membasahi kota Rotterdam. Setelah kemarin, untuk pertama kalinya, terjadi hujan salju dalam musim dingin kali ini. Fenomena alam ini menyebabkan hampir semua pelosok kota tertutup oleh salju, walaupun tipis. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, mungkin tahun ini lebih baik. Namun apabila dibandingkan dengan dua tahun yang lalu, tahun ini belum ada apa-apanya. Ketika itu salju turun dengan lebatnya sehingga anak-anak sempat bermain bola salju dengan riangnya. Sayang pada saat yang bersamaan, saya sedang berada di Indonesia, merayakan lebaran bersama keluarga, jadi tidak dapat merasakannya 😦 Toh, walau bagaimana pun, dampak dari pemanasan global mulai terasa di mana-mana, terutama terhadap iklim dan cuaca. Tak seorang pun saat ini bisa memprediksi apa yang akan terjadi di musim dingin yang akan datang. Bisa jadi lebih dingin atau malah sebaliknya. We’ll see.

Sementara itu, pada hari ini pula kegiatan perkuliahan di Eramus dimulai kembali. Di kampus, denyut-denyut kehidupan kembali berdetak setelah hampir dua minggu lamanya sepi dari keramaian. Tidak banyak perubahan yang terjadi di sana. Yang berubah mungkin orang-orangnya saja.
Dalam trimester kedua ini, saya berusaha untuk mengambil beberapa mata kuliah pilihan. Dengan harapan di trimester ketiganya nanti dapat dengan tenang mengikuti seminar terakhir atau werkcollege dalam bahasa Belandanya dan mengejar beberapa ketinggalan di tahun-tahun sebelumnya. Life is hard, man said. Namun, saya yakin, insya Allah, saya dapat melalui masa-masa kuliah ini dengan baik.

Setelah siang tadi mengikuti satu mata kuliah, sisa waktu hingga menjelang maghrib saya habiskan dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari sekaligus mengambil cetakan foto hasil jepretan selama liburan kemarin di Media Markt. Lumayan bagus. Tak lama lagi, insya Allah, foto-foto tersebut dapat anda lihat di situs ini. Let me know what you think about them, ok?!?!?

Alright then, that will be all for today. More to come in the next journals…

Advertisements