Selamat Tahun Baru!

Selamat Tahun Baru!

Happy New Year everyone!
May you have happiness and prosperity in this new year.

Begitulah kira-kira beberapa keinginan yang hendak saya capai dalam tahun baru ini. Selain berusaha untuk merealisasikan beberapa hal yang sebelumnya belum dapat saya wujudkan di tahun-tahun sebelumnya, tahun baru ini pula adalah suatu saat yang tepat untuk melihat ke belakang dan mengintrospeksi diri kembali guna memperbaiki dan meningkatkan hidup dan kehidupan di masa-masa yang akan datang. Hal ini berarti menyusun kembali prioritas, mempersiapkan diri untuk meraih prioritas-prioritas tersebut dan dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan. Hidup di tahun baru ini haruslah lebih dinamis dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan di sekitar kita. Semoga Allah SWT membantu saya dalam mewujudkan cita-cita ini. Amin.

Tahun baru kali ini saya rayakan bersama teman-teman di Den Haag. Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pergantian tahun baru tahun ini tidak semeriah seperti yang diduga sebelumnya. Kebanyakan merayakan tahun baru bersama dengan karib kerabat di rumah, sementara sebagian kecil lainnya merayakannya bersama khalayak ramai di tempat-tempat umum sembari menyalakan kembang api guna menyemarakkan suasana malam yang dingin. Selain itu, ditambah dengan kondisi perekonomian yang semakin memburuk menyebabkan orang-orang melalui pergantian tahun baru ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya sederhana dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya. Mungkin hal ini dapat berubah suatu saat, terutama apabila perekonomian di Belanda mulai membaik di tahun-tahun yang akan datang. Namun walaupun demikian, saya yakin, bukanlah bagaimana cara orang merayakannya yang penting, tapi semangat dan keinginan di balik itu semua yang lebih berharga.

Walhasil, malam tahun baru kemarin, tidak banyak yang dapat dilihat. Sesekali orang menyalakan kembang api disertai dengan senda gurau orang yang lalu lalang sambil mengucapkan selamat tahun baru kepada setiap orang yang ditemui. Setelah puas berjalan di sepanjang boulevard di pantai Scheveningen, saya dan teman-teman mengunjungi seorang kenalan Belanda dan menghabiskan sisa malam tahun baru di sana.

Oleh karena sepanjang pergantian tahun baru tidak ada kendaran umum yang beroperasi, mau tidak mau malam itu saya harus menginap di rumah teman dan baru kembali ke Rotterdam pada keesokkan harinya.

Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, saya berharap tahun baru ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Paling kurang dapat mencapai beberapa target yang telah direncanakan sebelumnya. Semoga rekan-rekan sekalian juga demikian adanya dan memperoleh keberhasilan di tahun baru ini.

I wish you all the best luck, guys!