Informasi Bencana Alam

Mungkin analisa dalam buku ini ada benarnya juga, Indonesia, the Remnants of Sunken Atlantis.

Indonesia yang kita cintai ini adalah sebuah negeri yang indah, kaya raya dengan sumber daya alamnya dan memiliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa. Namun terlepas dari itu semua, Indonesia juga merupakan negeri yang rawan bencana alam. Terletak di pertemuan dua gugusan pegunungan api aktif dunia, banyaknya patahan yang terdapat di wilayah nusantara, dikelilingi banyak lautan dan dua samudera, perubahan iklim yang ekstrim akibat pemanasan global cukup membuat masyarakat dan pemerintaj Indonesia kewalahan dalam menghadapi bencana alam yang datang silih berganti beberapa waktu belakangan ini. Apakah bencana alam ini terjadi karena kesalahan kita, manusia, yang kurang menghargai alam dan sesamanya? Wallahu A’lam. Yang jelas ini adalah Sunatullah, hukum alam dan takdir Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Lalu apa yang dapat kita lakukan menghadapi ini semua? Diam begitu saja tanpa berbuat apa-apa? Pasrah pada takdir yang datang? Atau, bersikap dan bertindak seperti yang terdapat dalam tulisan ini? Intinya kita harus mempersiapkan diri, siaga/waspada, tanggap dan peduli dengan prioritas meminimalisir kerugian harta benda, korban jiwa dan dampak psikologis/trauma. Mudah-mudahan semangat gerakan Indonesia Bersatu juga mencakup bidang ini. :)

Karena bencana alam tidak pernah dapat diprediksi kapan datangnya, jadi kita harus siap sedia setiap saat. Informasi yang cepat dan akurat adalah satu keharusan. Tentunya kita tidak harus bergantung pada satu sumber informasi. Semakin banyak sumber tentu semakin baik. Selain sumber-sumber resmi seperti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Data dan Informasi Bencana Indonesia dan Palang Merah Indonesia, kita juga dapat mengandalkan sejumlah inisiatif pribadi berikut:

Salut buat teman-teman yang sudah menggagas kedua situs di atas. Mudah-mudahan semangatnya dapat diikuti oleh teman-teman yang lain dalam bentuk kreasi dan inovasi berbeda.

Saat ini masih banyak korban bencana alam baik yang baru saja terjadi di Sumatera Barat, ataupun yang sudah terjadi seperti di Tasikmalaya dan lainnya, yang belum tersentuh bantuan kita sepenuhnya. Oleh karenanya jangan sungkan-sungkan untuk mengajak keluarga, sanak kerabat, teman-teman dan tetangga sekitar untuk ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana/bantuan. Kita tidak dapat membayangkan bila hal serupa terjadi pada kita. Inilah saatnya kita tunjukkan semangat kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

About these ads

2 thoughts on “Informasi Bencana Alam

  1. ya..lain dari pada itu seharusnya kita sadar diri bahwa bumi kita tenpat berpijak adalah titipan sebaik2nya titipan adalah dijaga dan dirawat dengan baik semoga rakyat indonesia bisa menyadari betul dan kembali pada jalan-Nya

Comments are closed.